Sabtu, 01 Juli 2023

5 Makanan Khas dari NTT

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi yang terletak di bagian timur indonesia. NTT terdiri dari pulau pulau besar seperti  Flores, Sumba, Timor dan berbagai pulau pulau kecil  disekitarnya, secara geografis NTT memiliki pemandangan alam yang spektakuler. Pulau-pulau di NTT didominasi oleh pegunungan, perbukitan, dan pantai yang indah. 

Di NTT juga terdapat Danau Kelimutu, yang terkenal karena airnya yang berubah warna secara periodik dan masih banyak budaya budaya yang unik yang belum diekspor atau belum banyak diketahui banyak orang. fokus kita kali ini adalah pada makanan khas yang ada di NTT, kira kira makanan khas yang ada di NTT ada apa aja sih? jika kita ingin mengetahui makanan khas dari daerah timur terdapat banyak seklai tetapi kali ini  saya hanya akan memperkenalkan lima makana khas yang berasal dari daerah timur indonesia.

  • se'i sapi asap
sumber, ariantosntt.blogspot.com

Hidangan ini pada dasarnya serupa dengan smoked beef yang berasal dari luar negeri, tetapi se'i adalah versi tradisionalnya.

Dalam bahasa Pulau Rote, se'i memiliki arti irisan tipis daging yang memanjang. Pada zaman dahulu di Pulau Rote, daging yang digunakan dalam hidangan ini berasal dari hewan buruan seperti rusa dan babi hutan, tetapi seiring berjalannya waktu, jenis daging yang digunakan disesuaikan dengan preferensi masyarakat setempat.

Proses pengolahan se'i dimulai dengan mengiris daging sapi tipis yang memanjang dengan ketebalan sekitar 2-3 cm, lalu dilumuri dengan bumbu berupa lada, penyedap rasa, dan madu Timor. Selain itu, bara kayu kosambi dipanaskan dan daging ditata di atasnya dengan menggunakan daun kosambi sebagai pelindung agar daging tidak terkena langsung oleh api. Proses pengasapan daging ini memakan waktu berjam-jam, tetapi hasilnya sangatlah memuaskan.

Aroma khas dari bara kayu kosambi memberikan sentuhan unik pada se'i daging sapi ini, membuatnya berbeda dengan daging asap pada umumnya.
  • Aka Bilan (sagu Khas Malaka)
sumber, news.detik.com

Aka Bilan di Malaka adalah salah satu jenis sagu bakar yang memiliki ciri khas tradisional yang berbeda dari jenis sagu bakar di daerah Nusa Tenggara Timur lainnya. Dibandingkan dengan versi lainnya, Aka Bilan di Malaka masih mempertahankan tradisi dalam penyajiannya. Hidangan ini tidak dilengkapi dengan topping atau tambahan apapun.

Selain itu, Aka Bilan juga merupakan makanan yang telah menjadi bagian dari tradisi sejak zaman nenek moyang. Dahulu, makanan ini bahkan merupakan makanan pokok bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur, terutama di Kabupaten Malaka dan Kabupaten Belu.

  • Jagung Bose
sumber,pariwisataindonesia.id

Jagung bose merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur yang sering disantap sebagai pengganti nasi. Hidangan ini terdiri dari jagung dan kacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang tanah, yang dicampur dengan santan.

Proses pengolahan jagung bose dimulai dengan memasukkan kacang-kacangan ke dalam air mendidih. Setelah kacang tersebut matang, jagung ditambahkan ke dalamnya. Terkadang, masyarakat di Nusa Tenggara Barat juga menambahkan labu atau sayuran lainnya. Setelah semua bahan matang, santan dan bumbu-bumbu dimasukkan dan dimasak hingga air menyusut.

Jagung bose sangat cocok disajikan bersama dengan masakan daging sapi atau ayam sebagai pendampingnya.

  • Muku Loto
sumber, 7terbaik.com

MUKU LOTO adalah makanan khas yang berasal dari daerah Nagekeo, Flores, di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabarnya, Muku Loto telah ada sejak zaman nenek moyang dan biasanya disajikan pada acara adat atau pesta besar di Nagekeo, Flores.

Asal-usul nama "Muku Loto" berasal dari bahasa lokal, di mana "muku" berarti pisang dan "loto" berarti hancur.
Muku Loto merupakan hidangan tradisional yang merupakan varian dari lauk yang biasanya disantap bersama nasi. masyarakat Nagekeo sangat menyukai Muku Loto karena selain rasanya yang enak dan lezat, bahan-bahan untuk membuat makanan ini cukup mudah didapatkan.

  • Ubi Nuabosi
sumber, Foto: instagram.com/arif_bnugroho

Ubi nuabosi adalah jenis ubi lokal yang berasal dari dataran tinggi Ndetundora, Kabupaten Ende. Dalam bahasa setempat, ubi ini dikenal sebagai uwi ai nuabosi.

Ubi nuabosi memiliki rasa yang sangat lezat dan aromanya yang harum. Bentuk ubinya lebih besar dibandingkan dengan jenis ubi lokal lainnya. Sebenarnya, ubi ini berasal dari Brazil dan telah dibawa ke Flores oleh orang-orang Portugis. Kemudian, penduduk lokal mengembangkannya hingga saat ini sebagai varietas ubi yang khas di daerah tersebut.

Itulah lima makanan khas yang dapat saya kenalkan dari daerah NTT, sebenarnya masih ada banyak makanan khas yang ada di daerah timur indonesia ini karena mengingat daerah timur indonesia memiliki sangat banyak suku dan budaya yang berbeda beda, dan daerah timur dikenal meliliki budaya yang unik unik dan beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Makanan Khas dari NTT

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi yang terletak di bagian timur indonesia. NTT terdiri dari pulau pulau besar seperti  Flores, Sumba...